Skip to main content
ruksamin rauf

KEPEMIMPINAN RUKSAMIN RAUF

RUKSAMIN RAUF KONASARA

KONAWEUTARAKAB.GO.ID,WANGGUDU—Kona Sara secara harfiah merupakan tatanan budaya orang tolaki yang menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat di masyarakat hukum adat Tolaki. Saat pemilihan kepala daerah di Konut, Kona Sara merupakan kepanjangan Konawe Utara Ruksamin-Raup. Setelah kedua pasangan Ruksamin-Raup memimpin Konut, Kona Sara menjadi sprit memajukan daerah dan masyarakat yang berarti, “Konawe Utara Sejahtera dan Beradab”.

Tak hanya itu, Kona Sara tampaknya akan menjadi branding di Konut di masa pemerintahan Ruksamin-Rauf. Berbagai produk strategis pemerintah seperti program beasiswa Kona Sara, program di bidang pertanian, perkebunan, dan teknologi tepat guna pun berbranding Kona Sara. “Inya Allah, Kona Sara akan memberi manfaat bagi kesejahteraan dan kemajuan daerah dan rakyat Konut,” kata Ruksamin.

Bupati Ruksamin yang didampingi Wakil Bupati, Raup, kemarin, mengungkapkan banyak gagasan cemerlang yang telah mulai dilakukan dalam membangun Konut hingga lima tahun mendatang. Salah satunya menjadikan Konut sebagai kota pendidikan.

Makanya tak heran Ruksamin menggandeng relawan “Kampung Inggris” untuk memberikan edukasi kepada pelajar baik SD, SMP, SMA hingga masyarakat Konut untuk terbiasa menggunakan Bahasa Inggris. “Program itu sudah sementara berjalan,” kata Ruksamin.

Tak hanya persoalan pendidikan, Ruksamin juga telah meluncurkan Visit Konawe Utara dan segitiga berlian di bidang kepariwisataan. Segitiga berlian itu meliputi Pulau Labengki, Wawolesea dan Pantai Taipa. Nantinya ini juga akan menjadi tujuan wisata baik domestik maupun internasional. Apalagi wisata Labengki itu sudah mendunia. “Makanya sudah kita buatkan Perdanya sebagai pijakan hukum pemerintah daerah,” ujar Ruksamin yang kemarin juga ikut didampingi Kabag Humas Sandi dan Telamatika, Rachman Sorau.

Beberapa potensi wisata sudah dalam perencanaan Ruksamin-Raup yang akan dikembangkan. Diantaranya air terjun Wiwirano yang terletak dikampung halaman wakil bupati, Raup. Air terjun yang dimaksud memiliki panorama alam yang sangat memukau mata pengunjung, termasuk goa tengkorak yang ada di Kecamatan Wiwirano. “Termasuk Telaga Tiga Warna yang jadi lokasi wisata pancing, wisata alam goa, Gunung Oheo di Kecamatan Oheo,” papat Ruksamin satu persatu.

Dalam mensejahterakan masyarakat Konut, Ruksamin mengaku pihaknya telah membentuk koperasi disetiap desa yang dibentuk melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Konut-1 itu optimis, gagasannya itu bakal membuat daerahnya bertambah maju, dan rakyat juga ikut sejahtera.

By. Redaksi

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.