PEMDA KONAWE UTARA MERAIH PENGHARGAAN SAKIP DARI MENPAN-RB

Pemerintah Daerah Kabupaten Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara, lagi-lagi menambah catatan prestasinya dalam penyelenggaraan pemerintahan yakni dengan memperoleh penghargaan SAKIP atau Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah dengan predikat B. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi untuk tingkat Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebelumnya Kabupaten Konawe Utara telah memperoleh banyak penghargaan diantaranya, Meraih WTP tahun lalu, penghargaan dari BPJS dan penghargaan atas pelaksanan Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik.
Pelaksanaan SAKIP Award tahun 2019 ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia yang bertempat di Hotel Four Points Makassar pada hari selasa 19 Februari 2019 yang dihadiri langsung oleh bapak Drs. Syafruddin, M.Si selaku Menteri dan beberapa orang deputi Dari Menpan-RB.
Dari hasil evaluasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia, Predikat B yang diperoleh Kabupaten Konawe Utara merupakan nilai yang sangat meningkat dari hasil evaluasi pada tahun 2017 lalu yang hanya mendapat predikat C di tahun 2018 dan pada tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Konawe Utara sejak terbentuk hanya mendapat predikat D. penghargaan ini merupakan sebuah peningkatan prestasi kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara yang dipimpin oleh Ruksamin-Raup.
Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengungkapkan bahwa perolehan hasil ini tidak lepas dari kerja keras dan komitmen kuat Pemerintah Daerah untuk mengimplementasikan SAKIP dalam tata kelola pemerintahan. Setiap instansi pemerintah didorong agar mampu menerapkan manajemen berbasis kinerja secara tepat. Dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, hingga pelaporan. Penerapan SAKIP ini tambahnya, memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan bagi kesejahteraan masyarakat.
Dalam sambutannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin, mengatakan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 telah berhasil menghemat anggaran sebesar Rp. 65,1 triliun. Melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintah berubah, bukan lagi sekadar melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan, namun bagaimana melakukan cara yang paling efektif dan efisien untuk mencapai sasaran tersebut.
Di tempat terpisah Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Utara H. Martaya, setelah mendapat informasi di ruang kerjanya tentang penghargaan Pemda Konut atas perolehan predikat B SAKIP tahun ini. Beliau menyampaikan melalui WA Grup ucapan selamat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara atas prestasi yang diraih, dengan tetap mengharapkan kepada seluruh OPD, Badan dan Bagian lingkup Pemda Konawe Utara agar terus semangat dalam bekerja dengan tulus Ikhlas untuk Konawe Utara yang lebih baik, menuju Konawe Utara sejahtera dan beradab.
Redaksi : Diskominfo Konawe Utara,2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *