DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP ANAK DAN PEREMPUAN PEMDA KONUT DAN DPRD MENETAPKAN 2 PERATURAN DAERAH

Kabupaten Layak Anak serta Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak di Kabupaten Konawe Utara dapat terwujud jika ada dukungan dan sinergi dari semua Perangkat Daerah serta Stakeholder terkait. Penegasan itu disampaikan Bupati Konawe Utara H. Ruksamin dalam Sambutan Penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Konawe Utara tentang Kabupaten Layak Anak serta Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak di Aula Anawai Ngguluri, Selasa (03/10/2022).

Hari ini kita berada disini untuk menjawab harapan masyarakat kabupaten konawe utara dan kewajiban kita sebagai Pemerintah Kabupaten Konawe Utara dalam memberikan perlindungan kepada Anak dan Perempuan.

“Masalah anak dan perempuan ini tidak hanya tugasnya Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk. Tapi juga melibatkan banyak OPD dan berbagai stakeholder dengan itu Pemerintah Kabupaten Konawe Utara serius dalam Menangani hal tersebut dengan membuat 2 buah Rancangan Peraturan Daerah dan Insyaallah dalam waktu dekat kita akan bersama-sama menetapkan menjadi sebuah Peraturan Daerah Tentang Kabupaten Layak Anak dan Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak.” Ucap Ruksamin

Dengan dibahasnya 2 buah rancangan peraturan ini, menurut hemat Bupati Konawe Utara, dibutuhkan sebuah gerakan yang harus terstruktur dan tersistem dalam penanganan terhadap anak dan perempuan di kabupaten konawe utara.

“Selain Peran Pemerintah Kabupaten Konawe Utara untuk menjamin seorang anak agar dapat hidup dengan standart kehidupan bermartabat unggul serta terhindar dari kekerasan seksual dan lainnya, Pemda juga berkewajiban dan bertanggungjawab untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional terkait perlindungan anak. UU organiknya adalah UU no 35 th 2014 juga ada Permen No 2. Yang harus diwujudkan melalui komitmen Pemerintah Daerah, membangun Kabupaten Layak Anak.” terangnya.

Lebih lanjut, Perda Tentang Kabupaten Layak Anak dan Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak merupakan Upaya untuk menjamin terpenuhinya Hak Anak dan Perempuan di Kabupaten Konawe Utara.

“Peraturan Daerah Kabupaten Layak Anak dan Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak merupakan Payung Hukum dalam Pelaksanaan Program KLA untuk menjamin Terpenuhinya Hak Anak dan Perempuan secara sunggu-sungguh dalam mewujudkan tumbuh kembang perlindungan anak dan perempuan, sehingga saya harapkan dengan adanya Peraturan Daerah ini tidak akan pernah ada anak-anak yang terdampak Stunting serta tidak adanya lagi kekerasan pada Anak dan Perempuan di Kabupaten Konawe Utara.” ujar Bupati dengan nada optimis.

Dalam Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tersebut Hadir Wakil Bupati Konawe Utara,Ketua DPRD, Sekda ,Forkopimda, Para kepala Dinas, Pimpinan Ormas, dan Beberapa Toko Masyarakat.