Marimi Kesultra, Pemprov Sultra Pusatkan Kegiatan di Konawe Utara melalui Festival Labengki.

Eksotik pemandangan laut Pulau Labengki sejauh mata memandang seakan memanjakan mata kita untuk tidak henti-hentinya memandangi salah satu kekayaan alam di kabupaten konawe utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bupati Konawe Utara, Dr. Ir. H. Ruksamin, S.T., M.Si., IPM., ASEAN., ENg mengatakan, Festival Labengki adalah salah satu program Pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara yang mengangkat pariwisata pesona bahari Pulau Labengki Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara yang tidak kalah menarik dengan pesona Raja Empat dipapua.

“Keindahan pulau Labengki terdiri dari pulau Labengki besar dan pulau Labengki kecil. Untuk mengangkat pesona bahari pulau Labengki Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara terus mempromosikan pesona pulau Labengki baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional untuk menjadi salah satu destinasi wisata terbaik dunia,” Papar Ruksamin.

Lebih jauh, Ruksamin tak hentinya mengagumi keindahan alam labengki, serta pepohonan yang rindang juga menghiasi bagian dalam pulau. Kesejukan alam nan permai bisa menjadi teman setia Anda saat menjelajahi pulau ini.

“Di sini wisatawan dapat menikmati alam bawah lautnya dengan menyelam untuk menemukan ratusan spesies ikan dan kekayaan terumbu karang alami yang bukan ditanam atau budidaya hasil tangan karya manusia, melainkan keindahan yang terbentuk alamiah di pulau lebengki,” Imbuh, Ruksamin.

Agenda acara kegiatan festival Labengki ini dirangkai berbagai kegiatan menarik diantaranya ;

  1. Penanaman ribuan anakan terumbu karang
  2. Eksplorasi pulau
  3. Atraksi layang-layang tradisional
  4. Panjat tebing
  5. Ramah tamah dan hiburan tradisional

Dengan mengusung tema “Mari mi ke Sultra” yang diselenggarakan Pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara.

Nama Pulau Labengki mungkin masih sangat asing bagian banyak orang. Namun, rasa asing itu tak ada artinya jika keindahan sudah berbicara. Tidak hanya keindahan diatas air saja yang disajikan oleh pulau menawan ini, tetapi keindahan bawah airnya juga sangat indah untuk dikagumi

“Pulau ini menawarkan keindahan bawah laut yang boleh diadu dengan tempat-tempat lain di Sulawesi seperti Wakatobi hingga Bunaken. Tak kalah menariknya ada sebuah teluk yang jika dilihat dari atas terlihat seperti gambar hati. Banyak yang kemudian menyebut tempat ini sebagai Teluk Cinta,” Imbuhnya. (**)