Bupati Konawe Utara Membuka Pelatihan Tematik Kelompok Tani Pekarangan Pangan Lestari (P2L)

Wanggudu, 31 Mei 2021

Bupati Konawe Utara H. Ruksamin didampingi Bapak Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Bapak Kapolres, Perwira Penghubung dan Kepala Pos BINDA, serta Staf Ahli, Asisten dan Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kab. Konawe Utara.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kab. Konawe Utara di Kebun Taruna Tani Konasara Desa Awila Puncak Kec. Molawe resmi dibuka oleh Bapak Bupati dan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang manajemen pertanian, perhitungan, pengelolaan kelompok, pemasaran, teknis tanam, serta manfaat yang dibawakan sebagai pemateri oleh Bapak Bupati Konawe Utara, Hj. Musyida Arifin, S.Sos., M.Si (Dewan Pendiri LSM Sultra Sinergy Institute) dan Imran Moita, SP., M.A.P (Kepala Bidang Holtikultura Dinas Perkebunan dan Holtikultura Kab. Konawe Utara).

Dalam sambutannya Bupati Konawe Utara memberikan gambaran keuntungan yang akan didapatkan oleh petani serta pendapatan daerah yang besar jika masyarakat memanfaatkan program dan lahan pekarangan pertanian. “misalnya, kalau di dalam satu desa ada 25 orang masyarakat yang memanfaatkan pekarangan seluas 50×50 m2 dengan menanam cabai dengan hasil harga misalnya Rp. 20.000 per kilogram dikalikan dengan jumlah desa sebanyak 159 desa, berarti kita mampu menghasilkan pendapatan sebanyak Rp. 993.750.000 pertiga bulan jika menghasilkan 25 kilogram pertiga bulan”. Jelasnya saat melakukan perhitungan.

“ini gambaran perhitungannya yang rendah, nah coba bayangkan kalau kita menanam dengan memanfaatkan pekarangan yang ada. Sampai saat ini administrasi kependudukan saya (*KTP) masih petani, jelas jika memanfatkan hasil pertanian maka kita akan dapat mendorong perekonomian kita lebih mandiri dan sejahtera tentunya”. Tambahnya sambil menunjukkan Kartu Identitas Kependudukan kepada masyarakat kelompok tani.

Kegiatan yang mengusung tema “Pemanfaatan Pekarangan Melalui Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Menuju Konawe Utara Yang Lebih Sejahtera Dan Berdaya Saing”. Selain kegiatan pelatihan juga diberikan bantuan kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani sebesar Rp. 55.000.000 per kelompok yang akan dikelola oleh kelompok tani tersebut.

Kelompok-kelompok tani yang mengikuti pelatihan dan menerima bantuan langsung adalah sebagai berikut :

  1. Kelompok Tani Kapumoleba dari Desa Walalindu Kec. Asera
  2. Kelompok Tani Meronga-ronga dari Desa Otipulu Kec. Wawolesea
  3. Kelompok Tani Konasara dari Desa Andumowu Kec. Lasolo
  4. Kelompok Tani Mepokoaso dari Desa Longeo Utama Kec. Asera
  5. Kelompok Tani Samaturu Desa Otole Kec. Lasolo
  6. Kelompok Tani Kartini Mandiri Desa Watuwula Kec. Lembo
  7. Kelompok Tani Putri Konasara Desa Lamparinga Kec. Wiwirano
  8. Kelompok Tani Mawar Kelurahan Tinobu Kec. Lasolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.